Padang - Webinar seri 1 Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial "Mengungkap Sisi Kepahlawanan dari Samaun Bakri", Selasa (18/08/2020) menarik antusiame peserta hingga ke Papua. 

Webinar dengan judul Mengungkap Sisi Kepahlawanan Samaun Bakri dipaparkan oleh Dr. Erniwati, M. Hum. dimulai dari kisah hidup, perjuangan Samaun Bakri hingga tugas terakhir Samaun Bakri dari Soekarno . Perjuangan Samaun Bakri telah diteliti lebih lanjut oleh Dr. Erniwati, M. Hum., Drs. Etmi Hardi, M. Hum., Abdul Salam, M. Hum. dan Elfa Michellia, M. Pd. Serta telah dibukukan dengan judul “Samaun Bakri : Berjuang untuk Republik hingga Akhir Hayat”. Kegiatan Webinar ini berlangsung pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 dan merupakan webinar seri 1 Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Pembukaan webinar ini oleh Ketua Jurusan Sejarah Dr. Rusdi, M. Hum. dan acara dipandu oleh  Drs. Etmi Hardi, M. Hum. sebagai moderator. 


Kegiatan ini berlangsung mulai dari 10.00-12.00 WIB. Peserta yang mengikuti acara ini mewakili seluruh bagian daerah di Indonesia mulai  dari Aceh hingga Sorong, Papua. Antusiasme ditunjukan oleh peserta Ketika acara tanya jawab berlangsung, banyak pertanyaan diajukan dan terjadi diskusi yang sangat menarik. Samaun Bakri merupakan tokoh yang berani serta dekat dengan Soekarno, sehingga Soekarno memberikannya tugas untuk melakukan perjalanan dengan membawa emas seberat 20kg. Namun, pesawat nya jatuh sebelum sampai ke tempat tujuan dan Samaun Bakri menjadi salah satu korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. (EMK/FZ)