PADANG - Webinar Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, Kamis (21/05/2020) diikuti oleh ribuan peserta. 

 

Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang melaksanakan kegiatan webinar dengan tema Menumbuhkan Kembali Nilai-Nilai Pendidikan Kebangsaan di Tengah Ancaman Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Mei 2020. Pada kesempatan tersebut jurusan sejarah mengundang Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum (Guru Besar Sejarah UI), Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum (Sejarawan UNP/Dekan FIS UNP) dan Syafruddin, S.Pd, MM (Kepala Sekolah SMAN 9 Sijunjung /Ketua MKKS SMA Sumatera Barat). 

Berbeda dengan kuliah umum biasa dilakukan dengan tatap muka pada saat ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini mendapat sambutan yang besar dari berbagai kalangan, telihat dari peserta yang terdaftar sebanyak 1.141 orang dari berbagai kalangan profesi. Dengan mendaftar pada link https://webinar.unp.ac.id/. Sebagian besar peserta dari kalangan dosen dan guru dari berbagai institusi dan daerah di Indonesia. Acara webinar bisa diikuti melalui zoom dan live steaming youtube  https://www.youtube.com/watch?v=cvJHSaOVZF8 Sebagai Ketua Pelaksana, Firza, S.Pd, M.Pd menjelaskan pada kegiatan webinar ini, langsung dipandu oleh moderator, pembukaan dan pemaparan materi dan diakhiri dengan sesi diskusi. Peserta bisa langsung bertanya malalui live chating via zoom dan yotube

Tujuan dari kegiatan ini adalah memperingati hari kebangkitan nasional dan bagaimana membangkitkan kembali pendidikan di Indonesia di tengah wabah covid-19. Dr. Aisiah, M.Pd sebagai moderator pada acara ini memberikan batasan waktu dalam pemaparan materi dan pertanyaan bagi masing-masing narasumber. Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum menyampaikan bahwa Kesadaran sejarah dan semangat kebangkitan sangat perlu dalam pendidikan saat sekarang, terutama disaat masa pandemi corona. Selain itu, kebijakan yang dikeluarkan oleh kemendikbud juga harus di lakasanakan oleh sekolah. Pembahasan berikutnya oleh Syafruddin, S.Pd, MM. menunjukkan data-data bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi di sekolah. Selanjutnya pembecara kedua ini juga memberikan contoh dan menyampaikan media yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring. Materi terakhir disampaikan oleh guru besar sejarah dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum. Presentasi yang disampaikan tentang sejarah untuk membangun kesadaran berbangsa. Pembahasan sangat menarik dengan melihat bagaimana pendidikan yang terjadi selama ini, dilanjutkan dengan pendidikan nilai dan semangat kebangsaan. Sejarah menjadi pengalaman yang sangat berharga yang harus diketahui oleh masyarakat. Jika sejarah diajarkan dengan benar, maka tentu mayarakat akan bijak dalam menghadapi persoalan degnan bijak. Termasuk pada saat hari ini di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia. (FZ)