PADANG - Kuliah umum bersama David Pickus, Ph. D. Rabu (11/03/2020) dengan tema Komparasi Model Pembelajaran Sejarah di Eropa dan Amerika sukses dilaksanakan oleh Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. 

Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Padang kembali menyelengarakan kuliah umum kedua di tahun 2020 dengan tema ”Komparasi Model Pembelajaran Sejarah di Eropa dan Amerika”. Pada kesempatan kuliah umum ini jurusan sejarah mengundang pemateri David Pickus, Ph.D. Kegiatan kuliah umum ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa jurusan sejarah, serta tamu undangan yang merupakan dosen selingkup Fakultas Ilmu Sosial, dosen STKIP PGRI Padang, dan guru-guru sejarah.

Acara kuliah umum ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan oleh ketua Panitia yakni Dr. Aisiah,M.Pd, kata sambutan dari ketua jurusan sejarah UniveritasNegeri Padang yakni Dr. Rusdi M.Hum, dan kata sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial yakni Afriva Khaidir, SH, M.Hum, MAPA, Ph.D. Moderator pada acara ini ialah Elfa Michelia Karima, M.Pd. Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk menambah wawasan kepada Mahasiswa mengenai model pembelajaran di Eropa dan Amerika.

 

David Pickus, Ph.D menjelaskan mengenai bagaimana persamaan Pendidikan Sejarah yang ada di Eropa dan yang ada di Amerika, yang diibaratkan dengan Batik (seperti tradisonal) sama tetapi berbeda. Beberapa penjelasan menarik yang disampaikan seperti “we only Learn what we remember, we only remember what we understand” atau kita hanya belajar apa yang kita ingat, kita hanya mengingat apa yang kita mengerti, maksudnya adalah apa yang kita ingat itu hendaklah kita mengerti apa maksudnya serta mampu memahami.

Ada beberapa tahap yang dapat di lalui seseorang agar bisa mencapai pendidikan yang baik yaitu Arete (Excellent), Paidia (Play), Fidelitas (Faithful), Bildung (Development), dan Gestalt (Shape). Acara kuliah diikuti dengan antusias dari para peserta terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan kepada pemateri David Pickus, Ph.D. Jawaban yang diberikan narasumber sangat menarik karena seuai dengan realita keadaan yang sekarang ini terjadi. Peserta didik harus mampu untuk mengembangkan diri mereka dan mampu beradaptasi dengan sistem pendidikan yang ada. Pada dasarnya setiap orang memilki passion yang berbeda dan terkadang diharuskan untuk mampu mengikuti pembelajaran yang ada. Salah satu hal yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi peserta didik ialah dengan memberikan apresiasi dengan apa yang telah peserta didik itu lakukan meskipun itu progress yang kecil. Hal ini dapat berdampak pada semangat peserta didik untuk melakukan lebih baik lagi dari sebelumnya. (EMK/FZ/FA)